Trip Karimunjawa

Momen libur weekend dan  Idul Adha (12-15) Oktober 2013  lalu saya habiskan untuk mengunjungi Karimunjawa. iming-iming beberapa teman yang sebelumnya sudah pernah kesana membuat saya semakin bernafsu untuk menginjakkan kaki di pulau cantik utara jepara tersebut. bersama 11 orang rombongan, kami berangkat dari Semarang dengan naik kapal cepat Kartini pada jam 09:00 pagi, kami sampai di Dermaga Karimunjawa jam 12:30. perjalanan 3,5jam dengan ombak normal cukup membuat beberapa penumpang mual dan mabuk laut.


peta kepulauan karimunjawa – http://www.travellers.web.id/

Setelah sampai di dermaga, kita langsung di drop ke homestay oleh mas Indra, guide lokal. suguhan makan siang berupa ikan laut, tempe goreng, sayur dan es kelapa muda mengawali petualangan kita di pulau karimunjawa. Istirahat sebentar, lalu kita akan diajak snorkling hari pertama. cek peralatan, oles sunblock, kembali naik kapal untuk menuju spot snorkling. sampai di lokasi snorkling, pakai peralatan berupa kacamata snorkling, pelampung, dan sepatu kaki sirip ikan. dan siap untuk menikmati keindahan bawah laut karimunjawa. menjelang matahari terbenam kita menuju ke Tanjung gelam, konon tempat ini adalah spot terbaik untuk mencari sunset di wilayah kepulauan Karimunjawa. dengan garis pantai yang panjang, pasir putih, ombak yang tidak terlalu besar, karang dan batu tertata rapi di ujung pantai membuat tempat ini selalu ramai dikala sunset menjelang. puas mengambil foto dan bermain di pantai, kami pulang ke pulau utama karimunjawa. setelah bersih-bersih, mandi, saya jalan-jalan ke lapangan. disana banyak penduduk yang berjualan. souvenir, kaos, aneka sajian ikan dan jagung bakar, minuman dan lainnya.

Trip Karimunjawa dan bela negara

Malam itu 12 Oktober, bertepatan dengan pertandingan tim kebanggaan Indonesia U-19 melawan Korea Selatan. ramai-ramai penghuni homestay dan tetangga sekitar menonton bareng hingga larut, hasilnya Indonesia menang dengan skor 3-2. saya memilih tidur karena sudah lelah. Paginya, setelah mandi dan sarapan kami akan melanjutkan keliling di pulau Karimunjawa. persiapan seperti hari sebelumnya, jam 09 kita berangkat ke dermaga untuk menaiki kapal dan snorkling. peralatan dipakai, keindahan dalam laut karimujawa terpampang. karang-karang dan ikan-ikan kecil menghiasi pemandangan bawah laut, tak lupa foto underwater diabadikan sebagai barang bukti jika pernah ke sana sebelumnya.

Jam 11 setelah puas ber-snorkling kami menuju pulau yang sama saat mencari sunset kemaren, agenda saat itu beristirahat dan makan siang. sambil menunggu ikan bakar siap, kami yang datang pertama kali di pulau tersebut mengambil foto-foto, seakan menjadi pulau pribadi karena sepi tak ada orang. tak lama, makan siang siap, dan rombongan lain turut berlabuh ke pulau untuk beristirahat, pulau jadi ramai dan kesunyian-pun hilang.

trip karimunjawa

Setelah cukup beristirahat, kami melanjutkan perjalanan ke pulau cemara besar, disebut demikian karena disana banyak tumbuh pohon cemara. perjalanan kesana tidak mudah, ombak semakin tinggi, perut mual dan kepala pusing karena gelombang yang menerpa kapal begitu keras, mau tak mau kami terjun ke laut agar tidak semakin mabuk. dengan pasir putih yang luas, sekitar pulau ini cocok sekali untuk menjadi spot bermain dan foto-foto. di pulau tersebut sudah ada beberapa rombongan yang sedang berjemur dan makan siang. sekitar sejam berada di sana, kami naik kembali ke kapal untuk melihat penangkaran hiu, selain hiu, disana juga ada penyu yang bisa diajak berfoto.

Sore menjelang magrib kita berlabuh ke pulau utama, kepulangan dimajukan. rencana awal yang mula-mula akan berada di Karimunjawa 4 hari 3 malam terpaksa pulang malam itu juga karena kabar akan ada gelombang pada hari-hari berikutnya. jam 11 malam kapal feri muria akan membawa kami ke pulau jawa, maka malam itu juga kami membereskan urusan oleh-oleh, copy foto-foto underwater, packing barang bawaan. sambil menunggu jam 11, kami makan malam di homestay.

Sebelum jam 11 malam kita diantar ke dermaga, masuk kapal feri dan mulai mencari tempat terbaik yang akan digunakan untuk menghabiskan waktu 7 jam berlayar dari Karimunjawa ke Jepara.disana sudah tampak beberapa penumpang yang menggelar tikar selimut dan bantal sudah siap untuk tidur. hujan badai dan angin kencang mengiringi kepulangan kami ke pulau jawa. untungnya, saya dapat tertidur dengan pulas malam itu dan bangun saat sudah pagi. sampai di pelabuhan kartini Jepara, sambil menunggu jemputan travel yang akan membawa kita ke semarang, kami menyantap sate ayam untuk mengisi perut yang mulai keroncongan. tak lama, travel yang ditunggu datang. dan kamipun pulang ke semarang dengan bahagia. 😆

foto-foto lainnya bisa dilihat pada album facebook disini

Share this