Tapal kuda di atas pintu itu

Tapal kuda, menurut wikipedia indonesia diartikan sebagai nama sebuah kawasan di provinsi Jawa Timur, tepatnya di bagian timur provinsi tersebut. Dinamakan Tapal Kuda, karena bentuk kawasan tersebut dalam peta mirip dengan bentuk tapal kuda. Kawasan Tapal Kuda meliputi Pasuruan (bagian timur), Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

yang saya maksud disini, dalam arti yang sebenarnya. yaitu sepatu kuda. yang terbuat dari besi, dengan 3/4 diameter lingkaran dan lebar sekitar 3-4 cm, dan di paku di kuku kuda.

Kebetulan pintu kos-as saya yang berlokasi di Magersari IV no 108 itu berada di depan sendiri, banyak hal-hal aneh dan unik yang saya temukan disini, termasuk salah satunya sebuah tapal kuda berkarat yang terbuat dari besi, dengan panjang sekitar 10cm dan lebar 4cm digantung begitu saja di atas pintu kos-an kamar saya. selidik-punya selidik, setelah saya gugling sana sini, tapal kuda ito bisa buat penangkal ilmu hitam, benarkah?saya pribadi tidak percaya sama hal gituan karena menjerumus ke perbuatan musyrik.

dari salah satu thread di detik forum mengenai kebiasaan naruh tapal kuda di atas pintu ini banyak menimbulkan spekulasi dari beberapa member diantaranya:

Nit2 : Tapal kuda kan keras.. trus juga berguna buat nyambit org.. hehe..
mungkin itu salah satu alasannya banyak org nyimpen tapal kuda hehe..

Huckleberryfinn : Memang ada keyakinan bahwa besi tapal kuda (terutama yang bekas dipake, semakin tua dan semakin berkarat semakin bagus) memang tokcer untuk dipake menangkal ilmu hitam.

Besi sendiri salah satu jenis logam yang istimewa (ada surah al hadiid kan), terlebih lagi yang tiap hari dihantamkan ke bumi, semakin banyak hantaman semakin besar daya tolaknya. Perkakas besi yang tiap hari menyentuh bumi kan tapal kuda itu…

Banditgurun: ada apa dgn tapal kuda ?
yg ngetop itu si kuda yachh…setthhh dachh, kalau onta kapan ngetop
tapal kuda di tarok di depan pintu itu dlm agama islam adalah “syirik ” hukumnya…sama dgn nyembah dan minta berkah di kuburan keramat/pemuka agama,dll.
ntar dechh…ane akan import tapak onta ke indonesia…..

Jadi semakin jelas kan, g usah deh percaya sama gituan. kayag ga ada kerjaan laen aja pake masang2 tapal kuda di atas pintu *suara lirih, takut di usir bapak kos*

Tapal kuda di atas pintu itu

gimana dengan ente? masih suka naroh tapal kuda di atas pintu? percaya sama hal gituan?

emoticon Pictures, Images and Photos

Share this