Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI

Sebelum mengutarakan

Seandainya saya menjadi anggota DPD RI

kita harus tau Apa itu DPD RI? jadi, Menurut Wikipedia Dewan Perwakilan Daerah (disingkat DPD) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum.
dpd
Anggota DPD mempunyai Fungsi sebagai berikut:

  • Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu
  • Pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu.

dan mempunyai Tugas dan wewenang seperti:

  • Mengajukan kepada DPR Rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. DPR kemudian mengundang DPD untuk membahas RUU tersebut.
  • Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama.
  • Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
  • Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.
  • Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.

Seperti yang dapat kita baca dari tulisan diatas, DPD mempunyai tugas yang vital dalam pelaksanaan sistem bernegara. oleh sebab itu, Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI saya akan bekerja sesuai dengan job desk yang diberikan, mencurahkan segala kemampuan yang saya miliki untuk kepentingan masyarakat di Daerah. membuat citra baik untuk publik yang dewasa ini sudah tidak percaya lagi dengan politik dan anggota dewan, karena tidak semua yang berada di posisi anggota dewan berkelakuan buruk. masih ada orang-orang di sana yang benar-benar memikirkan rakyat.

Seandainya saya menjadi anggota DPD RI, saya akan mengedepankan asas kejujuran dalam bekerja, memposisikan diri saya sebagai warga masyarakat secara umum sehingga saya tahu apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh mereka. dan setelah itu saya akan menyusun rancangan Undang-Undang sesuai dengan realita yang ada untuk diajukan ke DPR, tidak dikurangi juga ditambah. saya akan memperjuangkan Aspirasi rakyat agar tercipta pemerataan pembangunan kesejahteraan dalam rangka memperkukuh NKRI seperti yang tercantum dalam misi DPD. saya akan menjalin sebuah hubungan yang baik antara daerah dan pusat. serta selalu menjaga diri dan akan melaporkan setiap tindakan yang menyimpang seperti korupsi jika terjadi.

Jadi, jika seandainya kalian menjadi anggota DPD RI. apa yang akan kalian lakukan? 😉

ref : wiki , dpd

Share this