Pilihan Kepala Desa se Kendal

di desa saya Putatgede, Kabupaten Kendal, Jawa tengah. hari ini (26/8) sedang ada pemilihan kepala desa, dimana jabatan kepala desa atau sering disebut lurah adalah jabatan tertinggi dalam hirarki pemerintahan suatu kampung. kali ini, hanya ada satu orang yang mencalonkan diri sebagai kepala desa. beliau adalah Supriyadi, yang sebelumnya juga sudah menjabat sebagai kepala desa putatgede selama 6 tahun.

kenapa calon tunggal harus tetap melalui pemilihan? Iya, karena untuk menilai pandangan masyarakat mengenai Calon tersebut. apabila layak untuk memimpin, maka akan terlihat dalam perolehan nilainya lebih besar daripada kotak kosong. syaratnya adalah, 50% + 1 suara sudah cukup untuk memenangkan pilkades jika calon tunggal.

Pemilihan lurah di desa biasanya menggunakan bahan-bahan makanan pokok untuk mewakili lambangnya. misalnya ketela, padi, jagung, es dawet, hamburger dan sebagainya. alih-alih hal ini biar mudah diingat saat pemilih memasuki bilik pencoblosan. yang bikin sedih, kenapa calonnya cuma satu sih. kalo banyak kan bisa lebih banyak dapat amplop serangan fajarnya. :mrgreen:

apapun itu, semoga siapapun yang terpilih nantinya sebagai Kepala Desa Putatgede Kabupaten Kendal. akan membawa kemajuan pembangunan dan peradaban yang tinggi bagi Masyarakat dan dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. Amiin 🙂

Share this