Penyakit Herpes di Leher

Beberapa hari kebelakang, saya terkena penyakit herpes di leher. herpes ini menurut referensi yang saya baca diakibatkan oleh virus Varicella Zoster. pada gejala awalnya, timbul rasa panas dan gatal dari kulit yang terkena. selain itu warna juga menjadi merah. sejak sabtu 12 september 2015, gejala tersebut sudah nampak. namun saya abaikan karena saya berfikir mungkin hanya gatal biasa. sampai hari minggu, kulit semakin gatal dan merah. dan akhirnya hari senin, mulai timbul bercak-bercak gelembung berisi air seperti gambar di bawah:

Senin 14 September 2015
Penyakit Herpes di Leher
Seperti luka parut, makin melebar, rasanya gatal dan panas luar biasa.

Selasa 15 September 2015
Penyakit Herpes di Leher
Permukaan lembek berair

Rabu 16 September 2015
Penyakit Herpes di Leher
di beberapa bagian mulai mengering, tidak gatal lagi

Kamis 17 september 2015
Penyakit Herpes di Leher
Jaringan kulit yang rusak mulai rontok sendiri

Jumat 18 September 2015
Penyakit Herpes di Leher
Sudah keliatan bersih, namun perbedaan warna masih mencolok

Senin 21 September
Penyakit Herpes di Leher
Pagi ini saya foto lagi, masih ada sisa-sisa residu yang belum terangkat.

Pengobatan Penyakit Herpes di Leher

  1. Obat Acylovir oral 1 kaplet, isinya saya lupa. diminum 3x sehari. tp dari apoteker jika parah kayak saya bisa 4x sehari (berselang setiap 6 jam)
  2. Salep Acyclovir, di oles pagi dan malam. sebelumnya luka di basahi oleh air anget, lalu dibersihkan pake tisu.
  3. Lidah Buaya, di oles sesering mungkin (kalau saja tiap 2 jam) walaupun perih, tapi ini sudah terbukti ampuh bikin cepat kering. caranya tinggal dipotek, nanti keluar cairannya yang kenyal kayak jelly. nah itu yang dioleskan.

Nah jika sudah sembuh, biasanya herpes ini meninggalkan warna kehitaman yang lambat laun bisa hilang. menurut info teman saya, untuk mengurangi warna hitam tersebut kalian bisa menggunakan madu murni. yang paling penting saat kena penyakit herpes di leher, jangan sekali-sekali digaruk. karena bisa menimbulkan luka yang lebih dalam dan susah kering. selalu konsultasikan masalah kesehatan ke dokter masing-masing dari awal mula gejala timbul. saya termasuk telat ini karena gak sadar dan mengabaikan gejala awal yang udah terjadi. jika lebih cepet, penanganan dan pengobatan tentunya akan bisa dilakukan di awal dan dampaknya tidak separah saya. 😀

Share this