Pendakian Gunung Ungaran 2050 mdpl

Pendakian Gunung Ungaran 2050 mdplAwal bulan september kemaren (7-8) saya dengan beberapa teman kuliah melakukan pendakian Gunung Ungaran (2050 mdpl). berangkat dari semarang jam 1 siang menggunakan motor dengan rute bandungan – umbul sidomukti – sampai di awal pendakian jalur mawar jam 3 sore. setelah packing peralatan dan berdoa kita mulai mendaki. sampai di pertigaan arah promosan dan puncak jam 17:30 kita break dan mendirikan tenda, karena menurut rencana rombongan akan melanjutkan pendakian ke puncak dinihari jam 03:00 karena beberapa pertimbangan. 3 orang mengambil air ke promasan yang lain menyiapkan tenda mencari kayu bakar untuk persiapan api unggun dan masak, biar anget badan.

malam datang, badan mulai menggigil kedinginan. jaket dan jahe panas jadi teman ngobrol membicarakan tentang dunia seisinya. malam itu dinner bakar ayam yang sudah dibumbuin dari rumah, nikmat tiada tara. sesekali kita “say hi” dengan pendaki lain yang melewati tenda dan naik ke puncak malam itu juga.

malam semakin larut, mata pun mengantuk. akhirnya kita masuk ke tenda untuk menghabiskan sisa malam dengan tidur agar badan kembali fit dinihari nanti untuk melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Ungaran. walaupun beberapa teman mengaku tidak dapat tidur karena suhu yang sangat dingin dan terlalu ramai karena posisi tenda kita berada tepat di pinggir jalan yang dilalui para pendaki.

Jam 3 kita bangun dan mempersiapkan pendakian, seorang teman tidak ikut dan memilih kembali tidur di dalam tenda. setelah persiapan beres, ber-6 kita mulai menyusuri jalan lebar maupun setapak, melewati hutan dan bebatuan dengan senter seadanya. dan akhirnya tepat sebelum jam 6 kita sudah sampai puncak yang ternyata sangat ramai oleh pendaki. mungkin karena hari minggu. diatas, kita foto-foto secukupnya, masak air untuk membuat wedang jahe dan say hi lagi dengan beberapa pendaki yang ternyata datang dari kampus yang sama.

Pendakian Gunung Ungaran 2050 mdpl Proses turun

sudah puas menikmati pemandangan yang sungguh awesome sekali dan terpaan matahari yang semakin panas, kita start turun mulai jam 09.00. pendaki harus ekstra hati-hati saat turun, batu-batu besar dan tanah yang mudah longsor jadi penyebabnya. sesekali kita break dijalan untuk sekedar melepas dahaga dan kaki yang mulai kaku. sampai tenda jam 11:00 siang. dan masak untuk makan siang, menunya: lontong dan mie rebus beserta buah-buahan lengkap dengan sambalnya. sambil menikmati semilir angin dan pemandangan hijau kebun teh dan kopi kita makan sampai kenyang sampai jam 13:00. packing tenda dan beberes kelar kita turun untuk menuju awal pendakian di mawar, tapi sebelumnya mampir dulu ke sungai tersembunyi yang airnya bening dan segar untuk membasahi badan. main air dan foto2 gila.

setelah cukup basah-basahan di sungai kita melanjutkan perjalanan turun, dan sampai di bawah jam 15:00, makan mi rebus dulu di warung kemudian mencari tempat untuk istirahat dan tidur. tapi karena tidak dapat tempat kita langsung pulang menuju semarang dan sampai jam 17:00. sungguh pengalaman yang awesome. silahkan dicoba!

foto lain bisa di lihat pada album facebook ini > KLIK

Share this