Insyaf Irit Invest

Apakah kalian sudah berfikir jauh kedepan, kira-kira berapa jumlah dana yang dibutuhkan  saat berada di usia tidak produktif? Artinya pada usia tersebut anda tidak lagi memiliki penghasilan bulanan secara tetap. Manulife Asset Management melalui riset Investasi di tahun 2013 “Aging Asia: Live long and prosper? Retirement and Longevity Risk” menggambarkan secara sederhana seperti pada barisan angka dibawah ini:

80 tahun (ekspektasi umur orang Indonesia)

55 tahun – (usia pensiun Indonesia)

25 tahun (masa pensiun – tanpa penghasilan)

25 tahun x 12 (bln dalam setahun) = 300 (Jumlah bulan masa pensiun)

300 bulan x Biaya Hidup perbulan = Dana Persiapan Pensiun ???

Nah, kira-kira besarnya segitu dana yang harus disiapkan untuk masa pensiun. Udah punya?

Insyaf deh sebelum nyesel

Insyaf disini artinya adalah kita harus kembali menanamkan sikap yang lebih berfikir jangka panjang. Misalnya dalam membelanjakan uang, apakah itu memang perlu untuk mencukupi kebutuhan kita, atau hanya kepengen aja? Apalagi kalo dilihat sekarang tuh, kemudahan transaksi perbankan melalui online payment menjadikan orang jadi lebih berfikir pendek dalam mengatur keuangan pribadi, termasuk saya sih. Haha. Jadi poin pentingnya adalah, harga kebutuhan pokok yang meliputi sandang pangan papan setiap tahunnya mengalami kenaikan. Kalo kita gak segera insyaf apa yang akan terjadi nanti? Apalagi nilai inflasi menurut pemerintah rata-rata diangka 7.93% pertahun. Bener-bener harus memiliki solusi tepat dalam mengatur pola keuangan agar bisa melanjutkan hidup lebih baik. Apa platform Investasi yang tepat?

manulife semarang

Elafiq, Saya, Slams, Fahrur – Blogger

Irit hukumnya wajib

Tips Irit paling penting dari Manulife adalah :

“Belanja harusnya lebih kecil daripada penghasilan”

Oke, paham kan? Jangan sampai pengeluaran kita perbulan lebih besar dari pendapatan. Akibatnya jika salah mengatur pola ini adalah aset kita lama-lama berkurang, dan mungkin saja habis dengan meninggalkan hutang disana-sini. Mau tidak mau Irit menjadi solusi yang paling efektif. Seperti seorang pepatah bilang berapapun besar kecilnya pendapatan akan cukup untuk hidup, namun tidak akan cukup untuk gaya hidup. See? Kalau kita nurutin terus gaya hidup gak akan ada habisnya. Gadget tiap bulan launching produk baru, Fashion tiap bulan ada promo lucu-lucu, dan lainnya. Maka dari itu, kembali ke awal tadi. Insyaf lalu Irit dan terakhir Invest! Contoh Irit nih:

  • Bawa bekal dari rumah jadi gak jajan dikantor
  • Beli barang bekas yg masih bagus, harga lebih miring
  • Buat daftar belanja, patuhi!
  • Cuci Pakaian, Mobil / Motor sendiri
  • Jangan Malu menawar
  • Merawat barang-barang yang masih berfungsi
  • Ngopi sachet, Starbuck Mahal
  • Jual Barang yang tak terpakai, nambah tabungan

Kebiasaan-kebiasaan kecil yang boros kalau dilakukan secara berulang jatuhnya gede juga kan? Nah harus ada evaluasi dari setiap pengeluaran. Dengan begitu, lama-lama nanti akan terbiasa dengan pola hidup Irit yang membawa benefit. Tsahh!

Investasi sejak dini

Nah setelah berhasil melalui tahap pendewasaan diri terhadap manajemen keuangan seperti diatas, kini saatnya berinvestasi. Salah satu pilihan Investasi yang sudah berjalan adalah Manulife Reksadana. Perusahaan ini  (PT Manulife Aset Manajemen Indonesia) berpusat di Kanada dan sudah menjalankan core bisnis Reksadana dari tahun 1998, perusahaan melayani manajemen Investasi secara professional dengan nilai Investasi lebih dari 40 Triliun dan telah memiliki berbagai penghargaan seperti Manajer Investasi Terbaik versi Bisnis Indonesia pada tahun 2014. Dalam Investasi Reksadana Manulife para Investor mendapat beberapa keuntungan daripada platform Investasi lain seperti di pasar saham atau forex. Diantaranya:

  • Terjangkau, mulai dari 100.000 anda bisa mulai Investasi sejak dini
  • Terdiversifikasi, banyak pilihan tergantung dari instrumen dan kelas asset
  • Dikelola Ahli, Manajer Investasi berpengalaman diadministrasi oleh Bank Kustodian
  • Diawasi, oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) secara ketat
  • Transparansi, Nilai Aktiva Bersih serta kinerja Reksa dana dapat dilihat di media masa atau Internet dibawah pengawasan OJK sesuai dengan UU Pasar Modal
  • Anti Lupa, dengan fasilitas autodebet anti repot dan anti lupa
  • Bebas Pajak, hasil dari Investasi Reksa dana tidak ditarik pajak

Sebagai penutup, saya mengingatkan bahwa setiap platform Investasi pasti memiliki resiko. Pahami dan tanyakan kepada pihak terkait jika anda masih ragu dengan teknis dan layanan Investasi tersebut. Tanya aja gak bayar kok, jadi pahami dulu semuanya. Jangan sampai maksud hati pengen untung, tapi malah buntung lho. Salam sukses! :mrgreen:

Info Detail:
Call Center: (021) 2555 22 55

Email : MAMI_customer_id@manulifeam.com
Website : www.reksadana-manulife.com
Twitter : @manulifeRD

Share this