Instaarcha abadikan candi dengan cara beda

Minggu 27 Januari 2013 saya mengikuti Instaarcha, sebuah acara jalan-jalan hore ke beberapa candi yang diselenggarakan Telkomsel, iradio Jogja, dan Sumberwatu Heritage. Instaarca mempunyai tujuan untuk mengekplor dan publikasi candi yang belum banyak dibicarakan oleh orang, sehingga nantinya diharapkan masyarakat tidak hanya tahu candi-candi populer seperti Borobudur, Prambanan saja. melainkan masih banyak candi atau peninggalan yang membutuhkan perhatian kita seperti candi banyunibo, candi barong, candi ratu boko dan lainnya.

1

sampai di Grapari TELKOMSEL JL. Jend. Sudirman No. 60, Yogyakarta jam 8, saya kemudian Registrasi ulang. dari 50ribu uang pendaftaran peserta mendapatkan kaos, perdana unlimited 3 bulan, transport, makan dan snack, doorprize, dan bagi yang beruntung bisa mendapatkan hadiah total jutaan rupiah beserta voucher makan di Abhayagiri resto untuk pemenang kuis foto Instagram. seru kan? tepat pukul 9, acara dibuka dengan sambutan dari pak Tani Sanjaya perwakilan dari TELKOMSEL dilanjut dengan berdoa. briefing penjelasan dari panitia perihal peraturan lomba dan pengumuman, ternyata karena suatu hal gak jadi ke candi ratu boko, yah 🙁

2

Peserta ngobrolhore dulu sebelum berangkat o/

3

dapat perdana 3 bulan unlimited data, asiiikk o/

Transport ke TKP, kita semua beramai-ramai naik mobil TNI, dengan 3 mobil. peserta berasa seperti prajurit perang. pengalaman pertama naik truk tersebut, semriwing kena banyak angin. menuju venue pertama, candi Banyunibo yang terletak di dusun cepit, bokoharjo. setelah truk parkir, peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk jalan menuju candi. saya kelompok 3 o/
sekitar 50 meter jalan kaki, candi banyunibo gagah terlihat. sampai disana jam 10:20, matahari udah mulai membakar kulit, namun tak menciutkan semangat peserta mencari angle yang terbaik untuk memotret.

DSC_0555

Truk TNI untuk transport acara

DSC_0559

suasana di dalam truk

DSC_0561

Peserta berjalan menuju venue pertama, Candi Banyunibo

DSC_0564

Candi Banyunibo

DSC_0563

Peserta asik dengan gadget masing-masing untuk mengabadikan candi

DSC_0567

Relief di candi Banyunibo

puas berfoto-foto ria di candi banyunibo, sebelum meninggalkan venue setiap kelompok diambil foto unik untuk mendapatkan doorprize dari panitia di akhir acara, selanjutnya kembali ke truk untuk menuju ke venue 2. jam 11:50 setelah beberapa menit perjalanan kita sampai juga di candi barong, venue kedua ini terletak di desa sambirejo prambanan, sleman. candi barong lebih besar dari candi pertama tadi, mempunyai 3 undak, pada undak teratas ada 2 candi utama yang berukuran 8mx8m dengan tinggi 9m. disini peserta tidak lama-lama ambil foto candi, kebanyakan neduh di pohon yang ada di sekitar lingkungan candi sambil ngobrol santai, soalnya panas Matahari lagi keren-kerennya tuh.

DSC_0584

Candi barong dari arah pintu masuk

DSC_0586

Tangga untuk naik ke atas candi

DSC_0587

Pelataran luas di undakan ke 2

DSC_0588

Candi Barong dari samping

sekitar jam 1 siang kita jalan kaki untuk menuju venue 3, yaitu arca ganesha. btw, jauh juga trackingnya, buat pemuda jarang olahraga seperti saya, jalan kaki jauh naik turun gitu lumayan bikin ngos-ngosan dan berkeringat. lokasi arca ganesha sendiri ada di sekitar sumberwatu heritage, arca ganesha sendiri berbentuk tumpukan-tumpukan batu, seperti gajah namun tidak lengkap. berada di tengah-tengah perkebunan warga. agak menjorok kedalam dari gang.

DSC_0594

Tracking menuju arca ganesha

DSC_0599

Arca Ganesha

Sumberwatu Heritage – Abhayagiri Resto

setelah puas di venue ketiga ini kita melanjutkan perjalanan ke Sumberwatu Heritage Abhayagiri Resto untuk beristirahat dan makan! ini yang paling penting cuy, di jalan udah panas-panasan, capek jalan, setelah sampai di lokasi berasa hilang. tempatnya asik! luas di bagian depan ada pendopo yang bisa digunakan untuk pertemuan. agak kebawah adalah Restoran abhayagiri dengan pemandangan  yang oke, kamar mandi mushola bersih, pelayanan disana juga baik-baik dan ramah, udara sejuk jadi bikin semangat menyantap ayam bakar yang disediakan.

DSC_0600

Sumberwatu Heritage, bangunannya bagus ya!

Beberapa menit disana, kita diajak untuk melanjutkan perjalanan menuju venue 4, yaitu candi Sojiwan. terletak di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. dari dekat candi ini sangat tinggi menjulang. sempat hancur saat gempa yogya, namun kini sudah direstorasi kembali. halaman luas, terbentang rumput hijau. di candi banyak terdapat relief seperti gambar manusia dan binatang. sekitar jam 5 sore, kita kembali ke Sumberwatu Heritage untuk menikmati matahari terbenam dan pengumuman pemenang lomba.

DSC_0606

Candi Sojiwan

DSC_0609

leyeh-leyeh sore hari di Abhayagiri Resto

DSC_0612

Rumput buatan di Abhayagiri resto

DSC_0624

menikmati angin sore dong

DSC_0626

salah satu jalan menuju resto dari pendopo

sebelum pemenang lomba Instagram diumumkan, ada sharing dari beberapa peserta yang ikut acara. seperti Instanesia, japemethe, dan lainnya. pada sesi kali ini juga diumumkan pemenang foto kelompok terunik yang diambil saat berada di candi banyunibo, yaitu kelompok 3. yay kelompok saya menang o/

berikut pengumuman pemenang kuis Instagram, disampaikan oleh mbak dian paramita seleb jogja yang femes itu.

Juara 1 (1jt + 500rb voucher): @ardiksm (Ardian kusuma)
Juara2 (500rb + 250rb voucher): @masbenx (prasetyo herlambang)
Juara 3 (250rb +150rb voucher): saya sendiri. hahahha. Alhamdulillah ya ^^

demikian seluruh acara telah selesai, ditutup kembali oleh pak tani sanjaya. dan peserta diperkenankan untuk kembali ke truk untuk pulang kerumah masing-masing. acaranya seru, walaupun capek seharian mengunjungi candi-candi di sana namun pengalaman tersebut sangat berkesan, terima kasih untuk semua panitia dan pelaksana dari Telkomsel, iradio jogja yang sudah memperjuangkan acara terselenggara dengan baik, Abhayagiri resto untuk tempat dan keramahannya yang menawan. pokoknya wajib kesana lagi!

DSC_0627

Abhayagiri Resto

DSC_0628

DSC_0629

Menu Abhayagiri Resto

Oiya, yang mau kesana letak Abhayagiri Resto ada di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Yogyakarta. (Pasar Prambanan itu ke Selatan melewati rel kereta, nanti di kiri jalan polsek dan toko bangunan, langsung belok kiri di jalan kecil trus mentok, belok kanan, nah ikuti aja jalan itu.) untuk kontak telpon bisa hubungi no (0274) 4469277. atau social media dibawah ini.

web: http://sumberwatuheritage.com/abhayagiri
facebook : Abhayagiri Restaurant
twitter : @abhayagiri_food

jadi, ayo liburan ke candi-candi di seluruh Indonesia, jangan ke mall aja ya! hiihihi :mrgreen:

Share this