Cara menebang pohon

oke ini aneh, cuma cara menebang pohon ditulis di blog. biarin.
pagi kemaren saya diajak mbah kakung buat nebang pohon sengon, pohon sengon menurut wikipedia adalah seperti ini penjelasannya.

Sengon (Paraserianthes falcataria) termasuk famili Mimosaceae, keluarga petai – petaian adalah pohon yang tumbuh cepat yang banyak terdapat di Indonesia. Sengon dapat tumbuh mulai dari pantai sampai dengan ketinggian 1600 mdpl tetapi sengon optimal pada ketinggian sampai 800 mdpl. Sengon secara alami tumbuh di Maluku, Papua hingga Kepulauan Solomon. Sengon termasuk tumbuhan paling cepat tumbuh (fast growing species) dimana dapat tumbuh tinggi hingga 7 meter per tahun pada tahun pertama penanaman.


Kenapa ditebang? karena itu tadi mbah kakung ternyata salah tanam, dikira itu bibit pohon pete. pas udah ditanam ternyata tumbuhnya cepet, curiga pohon sengon. dan ternyata bener pohon sengon. karena pemandangan taman depan rumah kurang enak ada pohon cuma satu yang menjulang tinggi akhirnya diputuskan untuk ditebang.

Pohon sengon tuh kayak gini, tapi belum tinggi besar kayak digambar sih. mungkin baru 5-6 meter aja.
sengon

nah cara nebang pohon sengon menurut pengalaman saya kemaren adalah sebagai berikut, perhatikan gambar.
sengon laut siap panen

potong pake gergaji di no 2, kenapa? suka-suka aja biar enak. soalnya kalo gergaji di nomor 1 kan sambil jongkok tuh, nanti dikira lagi boker di bawah pohon sengon, padahal ada wc. nah di no 3 itu dikaitkan pake bambu yang ada semacam paku karena kemaren masih bisa dijangkau. kalau pohonnya tinggi bisa panjat dulu dipasang talinya, pokoknya posisi diatas untuk ditarik sama orang di nomor 4. pilih tuh posisi yang pas, jangan sampai nanti pohon jatuhin kepala atau rumah, apalagi rumah orang lain. cara gergaji pun gak sembarangan ya, gini..

pohon

agak serong kebawah, kenapa? kalo lurus agak berat karena sengon terkenal kayunya lumayan keras. juga biar gampang nanti orang yang narik di posisi 4. setelah pohon berhasil ditumbangkan. jangan lupa perkakas dikembalikan ke tempat semula, okay gitu aja ya. udah malem, mau nonton bola dulu. 😆

Share this