aku sudah

uhuk, selamat datang Oktober!

dengerin lagu dulu biar enak bacanya..

awal-awal dulu saat ambil mata kuliah tugas akhir saya ga yakin bisa selesai kuliah tepat waktu 4 tahun. banyak hal yang sekiranya jadi “alasan ga lulus cepet” diantaranya masih merasa nyaman dengan gelar mahasiswa, skill belum mencukupi, masih payah ngatur waktu, umur juga belum tua-tua amat. begitu.

jadi dalam 6 bulan terakhir ini, ya cuma 2 bulan terakhir yang bener-bener fokus untuk harus bisa selesain semuanya.

kenapa? karena saya pikir, dengan lulus lebih cepat maka beban orang tua yang bayar ini itu untuk keperluan kuliah sedikit berkurang. bisa dialihkan ke adek saya yang masih sekolah smp. paling tidak begitu maunya.

ini tentu beban mental juga bro, beberapa kali saya juga sempat bayar kuliah + sks + kos dan mencukupi kebutuhan sendiri. Alhamdulillah saya kerja partime di salah satu perusahaan swasta di Semarang. jadi ya dikit-dikit bisa bantu. tapi Orang Tua tetep kekeuh mengganti uang saya, dan saya selalu tak kuasa menolak kalo udah gitu. kata beliau uangnya untuk keperluan mas yang lain aja, kalo urusan kuliah masih tanggungan Ibu Bapak.

Dari beliau juga tidak memaksa saya untuk lulus tahun ini, pesannya hanya agar saya tetap semangat bikin TA, kapanpun selesainya ga masalah. beberapa kali saya curhat tentang dosen pembimbing yang berkali-kali ngasih revisi yang ga wajar sampai despresi pasca sidang karena dosen penguji yang banyak maunya. dan ditanggapi dengan masukan agar saya selalu sabar dan ikut aja sama dosen biar urusannya lancar. pasti ada support materi, doa, motivasi, dorongan agar saya optimis.

dan akhirnya setelah saya dibantai 3 dosen penguji pada hari rabu tanggal 19 september 2012, saya dinyatakan lulus. Syukur Alhamdulillah. ihtiar selama ini tak sia-sia. sekarang, setelah semua urusan revisi dan pengumpulan berkas untuk wisuda beres. jadi bisa bikin postingan ini.

pesan saya buat temen-temen yang masih skripsian adalah agar tetap fighting semangat bikin sampe titik darah penghabisan. jangan pernah menyerah sampai toga ditangan. poinnya adalah Jangan tunda, jangan tunda, jangan tunda.. setiap hari harus berproses walaupun sedikit, diskusikan dengan dosen pembimbing!

bukannya menggurui, ini ada sedikit tips dari saya biar bisa lancar bikin TA. paling tidak saya sudah pernah ngalami kan?

1. Dekatkan diri pada Tuhan, ingat manusia punya rencana Tuhan yang menentukan.
2. Restu Orang Tua, minta maaf segala dosa. minta didoakan.
3. Perbaiki hubungan dengan dosbing, jangan terlalu idealis. yang namanya dosen ilmunya lebih banyak.
4. Seringlah bertanya, entah itu sama temen, bagian TU, google, wikipedia atau siapapun yang bisa membantu mempercepat penyelesaian Tugas Akhir.
5. Banyak berdoa, rajin sedekah. trust me it’s works.

Persiapan saat sidang

1. bikin presentasi sederhana tapi berisi, maksudnya cukup poin-poin yang penting aja. lainnya bisa disampaikan secara lisan.
2. debat boleh, tapi dengan jawaban yang masuk akal jangan menyimpang dari teori alias mengarang bebas.
3. jangan makan pedas sehari sebelum sidang, lebih baik mencegah sakit perut diwaktu yang tidak tepat.
4. bawa jajan, sumpah pas nunggu giliran maju itu laper dan haus. persiapkan semua!
5. cek alat perang, laptop, pakaian, sepatu dll sebelum sidang.
6. belajar, berdoa.

Fighting!

s

Share this