9 summers 10 autumns

Perhatian: Nonton film ini dulu, sebelum turun dari Bioskop.


ini film tentang perjuangan, ketabahan, harapan, dan kegigihan seorang anak lanang satu-satunya yang biasa dipanggil keluarga “bayek”. bayek hidup di rumah kecil bersama bapak, ibu, kakak dan adik yang semuanya perempuan. hidup di zona kemiskinan membuat bayek malu, minder, penakut. berbeda dengan apa yang diharapkan bapak terhadap bayek agar menjadi anak lanang yang kuat, keras, dan bertanggung jawab terhadap keluarga nantinya.

di beberapa adegan menampilkan pertarungan batin seorang bapak yang berusaha mendidik bayek dengan cara laki-laki. juga Ibuk yang menangis akibat pertengkaran dengan Bapak mengenai masa depan Bayek. pada intinya Bayek menginginkan perubahan untuk dirinya, untuk keluarga agar kearah yang lebih baik. terbebas dari kemiskinan, dan perjuangan-perjuangan itu terangkum dengan baik di film 9 summers 10 autumns ini.

Perasaan haru luar biasa disajikan, terlihat setelah film berakhir beberapa penonton di dekat saya menyeka air mata dengan tissue. bahkan sayapun. betapa film durasi sekitar 1:45 menit ini mampu menyihir penonton untuk ikut merasakan gejolak, derita, dan harapan-harapan besar seorang Bayek, Ibu, Bapak dan Adik-adiknya yang diperankan manis oleh setiap karakter.

Selamat menyaksikan 😉

9 summer

pic & review lain Dari Cinetariz

Share this