4 Tempat Wisata Kuliner di Makassar yang Harus Ada dalam Itinerary

Kalau sudah bicara soal Makassar, artinya saatnya bicara soal kuliner. Pasalnya, kota yang juga disebut dengan Ujung Pandang ini sangat kaya akan beragam menu yang menggoyang lidah dan membuat ketagihan.

Salah satunya adalah es pisang ijo. Anda tentu sudah pernah mencicipi kelezatan kudapan manis dan segar ini, kan? Apalagi jika dinikmati saat siang hari dengan terik matahari yang lumayan menyengat. Hati yang tengah kesal pun menjadi sedikit terobati dengan semangkuk potongan pisang yang dibalut kulit dadar berwarna hijau dan disiram dengan kuah santan yang tidak terlalu kental.

Menemukan kuliner yang satu ini memang relatif mudah meski tidak harus mengunjungi kota asalnya. Namun jika menikmati pisang ijo langsung dari tempatnya berasal, apakah rasanya masih sama dengan menikmati pisang ijo di pedagang biasa?

Nah, jika Anda ke Makassar, cobalah pisang ijo langsung dari buatan tangan lokal. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan berburu kuliner sedap lainnya seperti di beberapa tempat kuliner berikut ini.

Coto Nusantara

Selain es pisang ijo, kuliner Makassar yang paling populer lainnya adalah coto makassar. Bahan utama makanan berkuah ini adalah daging sapi dengan tambahan jeroan. Sebagai kuahnya yang khas, perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah digunakan.

Makanan ini konon merupakan sajian tertua di nusantara. Keberadaannya diduga sudah ada sejak tahun 1538. Meski kini bisa dinikmati siapa saja, coto Makassar awalnya merupakan hidangan di kalangan istana Kerajaan Gowa.

Salah satu tempat yang menyajikan coto makassar terlezat dan sangat populer adalah Coto Nusantara. Anda bisa menemukannya di Jalan Nusantara No. 32, Makassar. Mulai pukul 7 pagi, Anda bisa menikmati seporsi coto makassar lezat sebagai sarapan.

Pallubasa Serigala

Untuk makan siang, Anda bisa singgah di Pallu Basa Serigala. Tempat makan terkenal ini berada di Jalan Serigala No. 54, Makassar, dan buka mulai sekitar pukul 11 siang.

Sepintas, pallubasa terlihat seperti coto makassar—potongan daging sapi atau kerbau dengan jeroan yang disiram kuah kaya rempah. Akan tetapi, pallubasa memiliki tekstur kuah yang lebih kental dengan serbuk kelapa yang telah disangrai dan menyatu bersama kuah sedapnya.

Hal lain yang membedakan pallubasa dengan coto makassar adalah pendampingnya. Jika coto makassar disajikan bersama ketupat atau buras, maka pallubasa disajikan dengan nasi.

Mie Hengky

Setelah menikmati buras dan nasi, kini saatnya Anda memanjakan memenuhi asupan karbohidrat dengan mie. Sebagai menu makan malam, datang saja ke Mie Hengky yang menjadi favorit pencinta mie kering makassar. Masih di barisan Jalan Nusantara, destinasi kuliner ini buka mulai pukul 7 malam.

Menu utama yang disajikan adalah mie kering dengan potongan sawi dan irisan daging dan hati ayam. Namun bila ingin mencoba yang lain, Anda bisa memesan mie kuah, mie panggang, mie hokiang, mie goreng, atau mie bihun dengan olahan serupa.

Mie Hengky sudah ada sejak tahun 1980. Cita rasanya yang begitu khas dan nikmat pun telah melegenda. Hingga kini, Mie Hengky tidak membuka cabang maupun melayani pemesanan secara online.

Pisang Epe

Di sela-sela perjalanan, Anda bisa melipir sejenak untuk mencicipi kudapan lezat. Di kawasan Pantai Losari saat senja, nikmati keindahan pantai dengan cahaya keemasan langit dan hangatnya suasana lokal bersama pisang bakar ala Pisang Epe.

Ada banyak pilihan rasa pisang yang dibakar dua kali ini. Anda bisa memilih varian cokelat, keju, durian, dan lain-lain. Meski bentuknya yang sederhana dan harganya yang murah, seporsi pisang bakar ini akan membuat perjalanan Anda sangat berkesan.

Untuk membuat perjalanan menjadi jauh lebih berkesan, pastikan pula Anda memilih penginapan terbaik. Airy Rooms menyediakan beragam hotel murah di Makassar dengan lokasi strategis dan mudah ditemukan. Ditambah tujuh kenyamanan akomodasi yang lengkap, Anda tidak perlu khawatir waktu beristirahat menjadi kurang maksimal.

Selamat berburu kuliner lezat Makassar!

 

(sumber gambar es pisang : dapurkobe.co.id)

Share this